Program Studi Teknik Perminyakan

Program Sarjana | Sekilas Tentang S1

[ Sekilas Tentang S1 | PEO | Capaian Kurikulum S1 | PMB | Pendaftaran & Wisuda ]

Tentang Program Strata Satu

Visi Program Studi Perminyakan ITB untuk tahap strata satu adalah menjadi program studi sarjana tenik perminyakan yang unggul, handal dan bermartabat di dunia. Sedangkan misinya adalah menyelenggarakan program studi untuk menghasilkan sarjana teknik perminyakan yang kompeten, unggul dan bermartabat serta tanggap terhadap tantangan lokal dan perkembangan global. perkembangan ilmu dan teknologi perminyakan sangat luas dan karena ilmu teknik perminyakan merupakan ilmu yang bersifat interdisiplin maka kepakaran / keahlian sumber daya manusia staf dosen masing masing sangat spesifik dalam aspek pendalaman keilmuannya.

Sejalan dengan Harkat Pendidikan ITB (SK Senat ITB No. 023/SK/KO1-SA/2002) tujuan dilaksanakannya Program Studi Sarjana Teknik Perminyakan adalah menyelenggarakan program pendidikan sarjana untuk mendidik mahasiswa agar memiliki pengetahuan yang bermakna bagi kehidupan, mandiri, sungguh-sungguh dalam menjunjung etika berprofesi dan etika bermasyarakat, serta kompeten untuk membuat dirinya bermanfaat di lapangan kerja dan di masyarakat. Dalam konteks Program Studi Sarjana Teknik Perminyakan, kompetensi yang dimaksud adalah kualifikasi sarjana Teknik Perminyakan sedangkan lapangan kerja yang dimaksud adalah industri migas hulu, khususnya dalam aktivitas eksploitasi sumberdaya migas. secara lebih jauh penyelenggaraan Program Studi TM bertujuan:

  1. Membangun / mengembangkan Program Studi Teknik Perminyakan Untuk menjadi institusi terpandang dan disegani dengan reputasi internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat.
  2. Menyiapkan dan melengkapi khususnya dengan ilmu pengetahuan dan keahlian sedemikian rupa sehingga mampu bersaing untuk berkarya dan berkembang di bidangnya dan/atau melanjutkan ke jenjang pendidikan pasca sarjana.